HIPEREMI PULPA PDF

Pengertian Hiperemi pulpa atau karies yang mengenai dentin adalah lanjutan dari Bagan alir mengaplikasikan membersihkan bahan pulpa kaping kavitas. HIPEREMI PULPA • Definisi: hiperemi pulpa adalah penumpukan darah secara berlebihan pada pulpa, yang disebabkan oleh kongesti vaskular. Jadi. Secara umum penyakit pulpa dapat disebutkan sebagai kelainan pada jaringan pulpa (saluran akar gigi yang berisi pembuluh darah dan.

Author: Meztitilar Arajin
Country: Canada
Language: English (Spanish)
Genre: Sex
Published (Last): 14 December 2010
Pages: 432
PDF File Size: 8.69 Mb
ePub File Size: 12.80 Mb
ISBN: 902-5-81208-332-7
Downloads: 13603
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Arashijinn

Teknik Pulp Capping ada dua: Pulpektomi merupakan perawatan untuk jaringan hipsremi yang telah mengalami kerusakan yang bersifat irreversible atau untuk gigi hiperem kerusakan jaringan keras yang luas. Pulpektomi Nonvital Endo Intrakanal Perawatan saluran akar ini sering dilakukan pada gigi anterior yang mempunyai saluran akar satu, walaupun kini telah banyak dilakukan pada gigi posterior dengan saluan akar lebih dari satu.

Adanya fraktur akar vertikal memiliki prognosis yang buruk terhadap hasil perawatan karena menyebabkan iritasi terhadap ligamen periodontal.

Saluran akar diirigasi dengan akuades steril untuk menghilangkan kotoran dan darah kemudian dikeringkan dengan menggunakan paper point steril yang telah dibasahi dengan formokresol kemudian diaplikasikan ke dalam saluran akar selama 5 menit. Daerah operasi diisolasi dengan rubber dam untuk menghindari kontaminasi bakteri dan saliva.

4. Sop Hiperemi Pulpa Mtr – Free Download PDF

Pulpa diharapkan tetap bebas dari gejala patologis dan akan lebih baik jika membentuk dentin sekunder. Mempertahankan gigi dalam keadaan vital adalah usaha perawatan yang dilakukan untuk melindungi pulpa yang terluka dari peradangan dan kerusakan lebih lanjut. Lakukan pulp foto rontgen untuk melihat ketepatan pengisian. Jika tidak ada keluhan dari pasien maupun gigi yang sedang dirawat, maka bisa memulai dengan pengisian saluran akar dengan bahan ZnOE.

Sop Poli Gigi – Free Download PDF

Jika kontrol gejala juga tidak menunjukkan kelhan setelah pengisian, maka bisa dilakukan tumpat tetap dengan GIC IX. Bila ada hubungan antara rongga mulut dengan daerah periapikal melalui suatu poket periodontal, akan mencegah terjadinya proses penyembuhan jaringan lunak di periapikal. Prognosis yang baik jika patahan instrumen yang besar dan terjadi ditahap akhir preparasi serta mendekati panjang kerja. Perawatan ini sekarang sudah jarang dilakukan pada gigi tetap, biasanya langsung dilakukan perawatan pulpektomi vital walaupun pada gigi posterior.

  IL VISCONTE DI BRAGELONNE PDF

Sebagian besar ditemukan pada setengah apikal akar dan daerah percabangan akar gigi molar yang umumnya berjalan langsung dari saluran akar ke ligamen periodontal. Gambaran mikroskopis ditandai oleh lapisan odontoblas rusak, vasodilatasi, udem, sel radang kronis, kadang sel radang akut. Ambil bahan sedikit dengan alat dycaltaruh di bagian orifice saluran akar.

Sop Poli Gigi

Tekniknya meliputi pembuangan semua jaringan karies dari tepi kavitas dengan bor bundar kecepatan rendah. Oleh karena itu keadaan penyakit sistemik, misalnya penyakit jantung, diabetes atau hepatitis, dapat menjelaskan kegagalan perawatan saluran akar di luar kontrol ahli endodontis.

Terbentuknya ledge birai atau perforasi lateral. Letakkan semen zinc fosfat.

4. Sop Hiperemi Pulpa Mtr

Keringkan kavitas dengan cotton pellet lalu tutup bagian kavitas yang dalam termasuk pulpa yang terbuka dengan pasta kalsium hidroksida. Gigi tersebut dibangun selayaknya huperemi sehat. Atap kamar pulpa dibuang dengan menggunakan bor bundar steril kemudian diperluas dengan bor fisur steril. Setelah hiperei hari, kontrol gejala kembali. Lalu lakukan ekskavasi sampai dasar pulpa, hilangkan dentin lunak sebanyak mungkin tanpa membuka kamar pulpa.

Saluran lateral atau saluran tambahan Hubungan pulpa dengan ligamen periodontal tidak terbatas melalui bagian apikal saja, tetapi juga melalui saluran tambahan yang dapat ditemukan pada setiap permukaan akar.

Resorpsi internal sebagian besar prognosisnya buruk karena sulit menentukan gambaran radiografis, apakah resorpsi internal telah menyebabkan perforasi. Peneliti lain menemukan bahwa kasus dengan pulpa nekrosis memiliki prognosis yang lebih baik bila tidak terdapat lesi periapikal.

Tingkat yang disarankan ialah 0,5 mm, 1 mm atau mm lebih pendek dari akar radiografis dan disesuaikan dengan usia penderita. Pasien yang lebih tua usianya mengalami penyembuhan yang sama cepatnya dengan pasien yang muda. Please help us to share our service with your friends. We need your help! Foto rontgen menunjukkan resorpsi akar tidak lebih dari sepertiga apical, tidak ada granuloma pada gigi sulung.

  ARTHAMULLA INDHU MADHAM EBOOK PDF

Faktor patologi yang dapat mempengaruhi hasil perawatan saluran akar adalah: Untuk mengetahui panjang dan jumlah saluran akar serta keadaan jaringan sekitar gigi yang akan dirawat.

Birai dan ferforasi lateral dapat memberikan pengaruh yang merugikan pada prognosis selama kejadian ini menghalangi pembersihan, pembentukan dan pengisian saluran akar yang memadai. Please copy and paste this embed script to where you want to embed Embed Script.

Teknik-teknik perawatan Banyak teknik instrumentasi dan pengisian saluran akar yang tersedia bagi dokter gigi, namun keuntungan klinis secara individual dari masing-masing ukuran keberhasilan secara umum belum dapat ditetapkan.

Jaringan pulpa dari saluran akar di ekstirpasi, lakukan reaming, filling, dan irigasi.

Faktor Anatomi Gigi Faktor anatomi gigi dapat mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan suatu perawatan saluran akar dengan mempertimbangkan: Selanjutnya gigi di restorasi dengan restorasi permanen.

Tutup kavitas dengan tambalan sementara. Prognosisnya bergantung pada hipere,i banyak saluran sebelah apikal patahan yang masih belum dibersihkan dan belum diobturasi serta seberapa banyak patahannya. Motivasi Penderita Pasien yang merasa kurang penting memelihara kesehatan mulut dan melalaikannya, mempunyai risiko perawatan yang buruk.

Preparasi kavitas minimal – Hilangkan jaringan karies – Margin jangan dibevel – retensi mekanis warna Pembersihan seluruh gigi Cek oklusi Anestesi hioeremi perlu Rubber dam Reparasi prinsip mempertahankan enamel ekstensi ke dentin 7.

Saluran akar dapat dimasuki instrument. Tanda yg srg ditemui adalah jaringan pulpa mati, perubahan warna gigi, translusensi gigi berkurang. Menjadi kewajiban bagi dokter gigi untuk menganalisa pengetahuan serta kemampuan dalam merawat gigi secara benar dan efektif.